3 Mesin Laundry Yang Cocok Untuk Industri di Indonesia

Bisnis laundry memang tidak lepas dari yang namanya mesin, baik itu mesin cuci, mesin ironing, mesin pengering, dan mesin yang lainnya. Mengapa laundry harus menggunakan mesin? Ya, karena memang dalam usaha laundry kiloan ini memang order pakaian yang didapatkan dalam jumlah yang banyak. Kita tidaklah bisa memaksakan diri dengan menggunakan teknik tradisional dengan cara merendam, menggilasnya dengan papan pencucian, membilasnya satu per satu, menjemurnya dan sebagainya dalam masalah bisnis laundry ini. Dengan mesin laundrydiharapkan akan bisa jauh lebih praktis, hemat dan juga menguntungkan. Ada 3 mesin laundry yang cocok untuk industri di Indonesia ini

Mesin Laundry dengan Mesin Cuci Bukaan Depan

Mesin cuci yang digunakan pada bisnis laundry kiloan ini biasanya identik atau sama dengan mesin cuci yang memang biasanya digunakan di rumah tangga pada umumnya. Mesin ini juga bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko elektronik dengan merek yang familiar seperti Samsung, LG, Electrolux, dsb. Ada dua model mesin cuci yang ada di pasaran yang bisa Anda gunakan untuk industri laundry milik Anda, pertama mesin cuci front loading (bukaan depan) dan kedua adalah top loading (bukaan atas), masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Mesin cuci bukaan depan kelebihannya adalah hasil cucian yang lebih bagus dengan putaran pada mesin yang tinggi serta bisa diatur, lalu Anda juga bisa mengatur dari temperatur cuciannya jika mencuci pakaian tertentu, serta Anda bisa menyusunnya secara vertikal untuk menghemat tempat. Namun memang mesin cuci bukaan depan ini harganya lebih mahal dan daya listriknya yang besar.

Kemudian ada mesin cuci bukaan atas, dimana kelebihannya daya listriknya yang kecil, harganya lebih murah dari mesin cuci bukaan depan, bisa digunakan sekaligus untuk merendam pakaian, mesin model baru juga sudah banyak fiturnya seperti quick wash, timer, spin, dll. Namun kelemahannya mesin cuci ini memiliki rpm yang rendah sehingga waktu pencucian sedikit lebih lama, tidak dapat mengatur temperatur dan biasanya memasukan detergen secara manual.

Mesin Laundry dengan Mesin Pengering Gas


Mesin pengering gas ini mempunyai keuntungan jauh lebih hemat daripada mesin pengering listrik, karena memang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya untuk pemanas. Bandingkan jika menggunakan pengering listrik yang memang membutuhkan daya yang besar untuk sekali pengeringan.

Mesin Laundry dengan Mesin Setrika Listrik

Mesin setrika listrik menjadi standar dalam bisnis laundry di Indonesia karena memang harganya yang murah, tidak ada proses yang rumit seperti mesin setrika uap.
Ketiga mesin laundry ini sudah menjadi standar dalam bisnis laundry yang ada di Indonesia ini dan banyak yang mengatakan bahwa jauh lebih menguntungkan. Artikel by Erwin Petas, follow my twitter @doublepetas