Perbedaan cara Memelihara ikan mas dan ikan air tawar

Banyak orang yang ingin Memelihara ikan mas, alasan paling umum yang mereka ungkapkan adalah mereka beranggapan dalam perawatan ikan mas tidak membutuhkan uang yang banyak (tidak mahal). Ini adalah anggapan yang keliru, mengingat tinggi besarnya uang pemeliharaan tergantung cara perawataanya.

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam perawatan ikan mas tidaklah sedikit diantaranya: ikan mas, akuarium, pemanas, lampu, makanan, tanaman dan beberapa aksesoris lainnya. Sebagian besar perlengakapan tersebut adalah perlengkapan sekali pakai Sehigga dapat dikatakan besar atau sedikitnya biaya dalam perawatan ikan mas tergantung dari cara anda menjaga perlengkapan dan aksesoris tersebut.. Seperti cahaya, pemanas, Hiasan Aksesoris dan akuarium. 

cara memelihara ikan mas
Koi adalah salah satu makhluk hidup yang memerlukan perawatan khusus, ketika tidak dirawat secara tepat akan mudah terjangkit beberapa penyakit dan mati sesegera mungkin. Salah satu alasan mengapa banyak ditemukan ikan mas yang mati secara perlahan adalah kurangnya pengetahuan tentang cara merawat ikan mas.

Memelihara ikan mas dimulai dengan cara mengetahui jenis ikan mas,- Berapa banyak ikan mas yang anda inginkan? Apa jenis ikan mas yang anda ingin pelihara? Berapa ukuran akuarium yang ingin dibuat hingga di tempat mana koi tersebut ingin diletakkan? Pertayaan ini adalah pertanyaan yang sangat dasar, namun jika tidak diperhatikan secara seksama akan berakibat pada pemeliharaan ikan mas yang yang sia sia.

Cara merawat ikan air tawar


Ikan air tawar adalah ikan termudah untuk dirawat dan tidak memerlukan biaya yang besar. Namun, jika Anda berencana meletakknya pada akuarium yang disatukan dengan ikan cantik lainnya maka harus menambah pengetahuan menganai hal itu. Perawatan ikan air tawar yang disatukan dengan ikan hias memerlukan akuarium besar yang di tempatkan pada satu tempat dan dikelompookkan berdasarkan jenis ikan tertentu.

Anda perlu memahami bahwa tidak semua ikan dapat disatukan. Ikan air tawar sedikit lebih agresif dari ikan lainnya walaupun ikan air tawar tidak sama dengan ikan aduan. Sehingga anda harus berpikiran ulang ketika menempatkan ikan hias dengan ikan air tawar.  Pada artikel ini, saya hanya menyebutkan cara merawat air tawar yang tidak disatukan dengan ikan hias lainnya.

Sebenarnya dalam perawatan ikan air tawar sangatlah gampang dan tidak membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Anda hanya memerlukan tempat untuk menampung ikan air tawar tersebut. Tempat tersebutpun bisa berupa kolam sederhana. Kebiasaan beberapa orang meletakkan ikan air tawar di pekarangan atau di belakang rumah. Tempat penampungan tersebut berupa kolam atau tanah yang telah digali.

kolam ikan air tawar
Yang menjadi masalah dalam pemeliharaan ikan air tawar komsumsi makanan yang harus tepat. Tidak semua ikan air tawar cocok dengan semua makanan. Misalnya ikan Nila dapat memakan apa saja namun berbeda dengan ikan lele dan ikan gabus yang memiliki makanan tersendiri.

Sebagian orang tidak memperhatikan mengapa ikan air tawar berjalan lambat dan tampak lesu. Hal tersebut dipengaruhi karena ia merasa stress berada pada kolam yang tidak menyenangkan. Ketika ikan merasa stress dan berjalan tampak lambat, hal itu dipengaruhi oleh ketidak bahagiaan pada tempatnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, biasakan untuk mengganti air yang telah dipenuhi dengan kotoran. Minimal sekali dalam sebulan. Air yang tenang yang dihiasi dengan ikan akan tampak menyenangkan ketika diperhatikan dibandingkan denga air yang keruh yang dihiasi oleh ikan.

Rawatlah ikan tersebut selayaknya anda merawat diri anda. Mudah-mudahan artikel Perbedaan cara Memelihara ikan mas dan ikan air tawar dapat membantu anda dalam merawat ikan yang dapat dijadikan konsumsi ini.