9 Tata Cara jitu Diet Sehat dengan Perhatian terhadap Makanan

Hindari konsumsi makanan yang digoreng


Kunci keberhasilan diet adalah konsisten mengurangi asupan makanan yang tak sehat, salah satunya makanan berlemak atau gorengan. Di dalam tubuh, makanan yang diolah dengan cara digoreng mengalami proses pencernaan yang lebih lambat.

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diolah dengan digoreng, akibatnya Anda akan merasa kembung. Tak hanya itu, gorengan juga menyimpan banyak kandungan lemak yang justru bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menumpuk lemak dalam tubuh. 

Ganti menu makanan Anda dengan sayuran atau buah-buahan segar, selain itu perbanyak juga minum air putih untuk mengurangi efek lapar yang mungkin muncul secara berlebihan.

Makan dalam keadaan remang atau gelap


Makan di suasana remang atau gelap bisa dibilang romantis, tapi hasil akhirnya ternyata tak hanya itu. Ini karena makan di ruangan remang-remang cenderung membuat orang mengonsumsi lebih banyak kalori.

Kondisi ini disebabkan pada suasana terang orang lebih sadar apa saja yang dikonsumsi, sedangkan pada cahaya remang orang tidak menyadari berapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi sehingga memicu asupan kalori berlebih.

Makan sambil Berdiri
Orang biasanya disarankan makan sambil duduk di ruang makan atau meja kerja, ternyata ini bukan hanya sekedar saran karena jika seseorang makan sambil berdiri bisa membuat orang makan berlebih.

Ketika seseorang makan dengan tempat terbatas maka otak tidak mengaitkan tempat-tempat lain dengan makanan, sehingga sinyal tubuh merangsang nafsu makan menjadi lebih jarang 

Makanlah Camilan Sayuran
Sayuran yang tidak mengandung tepung adalah jenis makanan yang baik untuk membuat tubuh terasa lebih kenyang. Ini karena sayuran tersebut rendah kalori dan mengandung air serta serat.

Cobalah untuk menikmati sayuran ini sebagai camilan misalnya mengunyah wortel atau kembang kol di antara waktu makan, membuat bubur kacang hijau atau dimasukkan dalam sup.


Siapkan Sarapan yang Sehat dan Cepat
Banyak orang melewatkan sarapan karena tidak memiliki waktu atau terburu-buru saat harus pergi ke kantor atau sekolah. Namun tidak semua sarapan memakan banyak waktu dan bisa dilakukan dengan sederhana dan sehat. Ada banyak sarapan yang sehat dan cepat untuk pagi hari seperti sereal tinggi serat, roti gandum, oatmeal dan juga buah segar yang bisa disiapkan hanya dalam beberapa menit saja.

9 Tata Cara jitu Diet Sehat dengan Perhatian terhadap Makanan

Perbanyak Makan Sayuran dan Buah

Tak jarang banyak orang yang tidak menyukai konsumsi buah-buahan dan sayuran, tapi jika memang ingin diet sebaiknya mulailah menyukai kedua makanan ini. Hal ini karena keduanya mengandung serat yang cenderung bisa membuat seseorang merasa kenyang.

Selain itu dengan konsumsi banyak buah dan sayur juga turut membantu mengurangi konsumsi produk olahan yang cenderung mengandung sedikit serat serta tidak mengenyangkan, sehingga cenderung membuat orang ingin terus menerus makan.

Makanlah tepat waktu

Makan tepat waktu tidak hanya membuat seseorang terjauhkan dari sakit maag, tapi juga membantu mencegah penambahan berat badan. Ini karena setiap organ tubuh punya jam kerja sendiri, yang mana ada waktu-waktu tertentu dimana hati, usus, otot dan organ lainnya bekerja pada puncak efisiensinya dan di waktu lain organ ini beristirahat.

Selain itu, makan tepat waktu juga mencegah orang terlalu banyak mengonsumsi cemilan sehingga menghindari penambahan kalori dari makanan ringan yang bisa berdampak pada penambahan berat badan, seperti dikutip dari MSNBC.

Makan Menggunakan Piring ukuran Kecil

Ilmuwan dari Cornell University dan University of Illinois menemukan orang akan cenderung mengambil makanan lebih banyak hingga lebih dari 50 persen jika menggunakan piring atau wadah besar.

Meskipun kadang kelebihan kalori yang masuk ini tidak tampak banyak, tapi jika dilakukan setiap kali makan maka otomatis kalori berlebih ini akan menumpuk di tubuh. Untuk itu cobalah menggunakan piring atau wadah makan ukuran kecil.