Inilah 5 Makanan Sehat dan 7 Menu Sarapan yang Cocok untuk Diet Sehat Anda

Tahukah Anda kunci pertama untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat? Jika selama ini Anda sering gagal mengikuti program diet tertentu, mungkin Anda telah melupakan kunci pertama ini: mengonsumsi jenis makanan yang baik dan sehat. 

Wanita memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi cantik dan ideal dengan berat badan yang ia inginkan. Untuk bisa mendapatkan tubuh ideal dan menurunkan berat badan, mereka rela tidak makan, namun sayangnya mereka sering mengabaikan sarapan untuk bisa langsing.

menu sarapan sehat untuk diet

Padahal sarapan merupakan bagian penting saat Anda ingin diet. Bahkan menurut www.stylecraze.com, para pakar diet, ahli gizi dan dokter menyarankan bahwa Anda harus sarapan penuh dengan protein dan nutrisi lainnya untuk membantu melancarkan metabolisme dan membantu membakar kalori.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang baik dengan nutrisi lengkap justru membantu membakar kalori lebih banyak, membuat perut kenyang tahan lama dan memberikan jeda lama untuk waktu makan selanjutnya. Itulah mengapa sarapan yang tepat merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengawali hari.

Baca Juga Tips Diet Sehat Berikut: 
  1. Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal 
  2. Penduan Mengecilkan Lengan Secara Alami 
  3. Penduan Mengecilkan Betis Secara Alami 
  4. Penduan Mengecilkan Perut Secara Alami 
  5. Penduan Mengecilkan Paha Secara Alami

Namun seringkali orang bingung mau makan apa agar bisa memenuhi nutrisi dan tidak jatuh pada sarapan yang berlemak dan berkolesterol. Nah, jika Anda merupakan salah satu wanita yang juga penasaran dengan beberap hal diatas akan kami rekomendasikan beberapa makan yang baik untuk wanita serta menu sarapan cocok untuk diet sehat.

Makanan yang baik untuk Wanita menurut Website Cookinglight.com

Tomat - Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan likopena seperti tomat ini bisa menurunkan risiko Anda terkena kanker payudara dan kanker serviks. Dan Anda akan semakin terlindungi dari penyakit kanker tersebut jika Anda mengonsumsi buah dan sayuran yang beragam, bukan satu jenis sayuran saja.

Kale - Kandungan antioksidan yang dimiliki kale seperti lutein dan zeazanthin bisa menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu kale juga kaya akan vitamin K. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K memiliki risiko lebih rendah terkena patah tulang pinggul (hip fracture). Di samping itu makanan ini juga bisa menurunkan risiko terkena osteoporosis pada wanita, mengingat bahwa penyakit ini berisiko menyerang wanita empat kali lebih besar daripada pria.

Salmon - Kandungan lemak omega 3 pada ikan salmon sangat baik untuk tubuh. Sementara itu, untuk wanita hamil, ikan salmon bisa membantu meredakan post-partum blues (rasa depresi pasca persalinan), khususnya jika dikonsumsi di trimester pertama. Selain baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf, lemak omega 3 juga baik untuk perkembangan janin. Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang paling mengancam wanita. Dan ketika kadar estrogen menurun, mengonsumsi ikan ini bisa membuat jantung sehat. Porsi yang disarankan untuk dikonsumsi per minggu adalah sekitar 4 ons ikan salmon.

Greek Yogurt - Greek yogurt mengandung protein dengan kandungan gula yang sedikit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kadar protein yang lebih tinggi (30 persen kalori) bisa membantu wanita untuk menjaga berat badannya, menjaga keoptimalan otot-otot tubuh, dan menjaga proses penuaan dini dengan lebih optimal. Institute of Medicine menyarankan untuk mengonsumsi 0.8 gram yogurt ini setiap 1 kilogram berat badan yang Anda miliki (Anda bisa menyesuaikannya dengan berat badan yang Anda miliki sekarang).

Kacang Kenari - Mengonsumsi segenggam kacang kenari bisa mencegah Anda terkena kanker dan osteoporosis. Dalam sebuah penelitian bau, dua ons kacang kenari per hari bisa memperlambat perkembangan tumor dan bisa menunda kemunculan kanker payudara. Kandungan antioksidan yang bernama fitosterol yang dimiliki oleh kacang kenari dipercaya sebagai pencegah kanker. Sebagai permulaan, Anda bisa mengonsumsi kacang kenari sebanyak 1 ons per hari.

Menu Sarapan Mingguan Untuk Program diet Sehat Wanita

Senin

Mulailah hari pertama dengan makan 2 butir telur rebus dan semangkuk kecil brokoli rebus. Atau Anda juga bisa menjadikan telur sebagai omelet dengan ditambahkan sayuran serta jamur. Sarapan sederhana ini membuat Anda memenuhi kebutuhan protein di pagi hari untuk persediaan energi harian. Jika bosan, Anda bisa memilih membuat smoothies pisang dengan susu low-fat.

Selasa

Sarapan untuk hari selasa adalah oatmeal atau roti gandum. Jika Anda suka, juga bisa membuat bubur kacang hijau dipadu dengan kacang merah. Bubur ini kaya protein sekaligus juga memenuhi serat makanan yang akan membuat perut kenyang sepanjang hari.

Rabu

Menu sarapan hari Rabu adalah makan sereal dengan susu low-fat. Anda juga bisa mengganti dengan tumis tahu dan sayur dengan nasi merah. Jika sulit mendapatkan nasi merah, Anda bisa mengganti dengan ngemil kacang almond satu genggaman tangan. Ini membantu mengontrol kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Kamis

Sarapan hari kamis adalah dengan sup tempe tahu. Olahan kedelai ini akan memenuhi kebutuhan protein dan memberikan asupan asam lemak omega-3. Anda bisa menambahkan jamur atau sayur lain sesuai selera dalam sup.

Jumat

Makanlah 2 buah kentang rebus atau ubi rebus. Anda juga bisa menambahkan 1 butir orak-arik telur di atas kentang rebus. Anda tetap membutuhkan karbohidrat, namun tetap perpatok pada sumber karbohidrat sehat.

Sabtu

Akhiri minggu dengan salad sayur dan buah. Anda bisa memasukkan berbagai macam buah sehat seperti alpukat, apel, pisang, dan anggur dengan selada dan kubis. Taburkan biji wijen dan kacang almond serta minyak zaitun ke dalamnya.

Minggu

Minggu adalah saatnya tubuh sedikit bersenang-senang. Anda bisa minum susu low-fat atau yogurt dengan pancake dan diakhiri dengan buah-buahan.Tambahkan madu jika suka.


3 Kebiasaan Siang hari Penurun Berat Badan


Memilih dan memilah makanan adalah hal yang sangat diperhatikan manusia pada umumnya, terutama kaum hawa makanan yang mereka konsumsi harus terhindar dari pembentukan berat badan. Diyakini atau tidak, hal ini terkadang membuat beberapa wanita menjadi prustasi saat melihat timbangan berat badan semakin bertambah.

Banyak wanita yang memusatkan perhatian terhadap makanan yang mereka konsumsi di pagi hari, sehingga tak jarang mengeluarkan banyak uang untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tersebut. Ada juga yang menghindari makan siang atau makan malam hanya untuk memiliki tubuh langsing ideal. Perilaku ini tidak dibenarkan, mengingat di malam hari anda dapat mencoba beberapa makanan rendah lemak yang tidak berpengaruh pada tubuh, selain itu di siang hari juga anda dapat menerapkan kebiasaan yang membantu menurunkan berat badan anda.

Membiasakan minum air sebelum makan siang

Minum air putih saat akan makan siang dapat memperlancar pencernaan setelah makan dan dapat mengurangi rasa lapar. Perasaan lapar yang dirasakan sebelum makan akan terkurangi setelah meminum air, hal tersebut dapat mencegah untuk menyantap makanan penambah berat badan. Selain minum air, anda dapat menggantinya dengan teh hijau tawar atau jus bebas gula.

Diet dengan Mengurangi asupan kalori di siang hari

Selain memilih makanan yang bagus untuk perkembangan jasmani, anda juga diharuskan untuk menghindari makanan yang memiliki kalori tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kalori tinggi adalah nasi putih, bila anda berencana menurunkan berat badan di siang hari, makanlah nasi secukupnya atau gantilah nasi putih dengan nasi merah/kentang. 

Ada banyak makanan yang memiliki kandungan seimbang dengan nasi putih seperti pisang, roti gandum, buah alpukat, madu, singkong, dll. Kandungan karbohidrat kompleks dan kalori rendah yang dihasilkan dari makanan tesebut dapat menambal rasa kenyang yang anda alami.

Melengkapi makan siang dengan protein dan serat

Cuaca panas di siang hari menimbulkan rasa haus yang tidak tertahankan, cara terbanyak yang ditempuh orang dalam aktivitas diet mereka yaitu makan ice cream maupun jelly dan kue. Hal tersebut tidaklah salah, namun alangka baiknya jika hal itu diganti dengan makanan kaya serat maupun protein seperti 

Lupakan tentang ice cream atau jelly dan kue saat makan siang, sebaliknya ganti dengan makanan kaya serat dan protein. Anda bisa makan telur rebus 2 butir dengan satu gelas jus apel atau segelas jus wortel. Anda tahu sendiri bahwa serat menjaga perut kenyang lebih lama dan protein merupakan sumber energi yang sangat baik dan tidak membuat Anda mengantuk.

Memilih dan memilah makanan yang kita konsumsi dengan bijak adalah langkah penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Be a good eater to get a healthy body!